PELATIHAN MENULIS FIKSI MINI BAGI SISWA SMAK FRATERAN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.37832/asawika.v10i1.286Keywords:
mini fiction, writing literacy, pentigraf, tatikaAbstract
Kemampuan literasi, khususnya literasi menulis, merupakan salah satu keterampilan esensial yang perlu dikembangkan di kalangan pelajar SMA. Sayangnya minat untuk itu masih sangat rendah. Karena itulah kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diadakan. Materi latihan berupa pengenalan dua jenis fiksi mini, yaitu pentigraf (cerpen tiga paragaraf) serta tatika (Cerita Tiga kalimat). Dengan penjelasan serta contoh-contoh yang konkret, peserta pelatihan terbantu untuk mulai menyenangi menulis fiksi mini dalam bentuk pentigraf dan tatika. Oleh karena itu, pelatihan ini telah berhasil mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan kemampuan menulis kreatif dan literasi siswa secara signifikan melalui pendekatan yang sistematis dan aplikatif. Peserta tidak hanya aktif dan antusias selama proses pelatihan, tetapi juga menunjukkan peningkatan kualitas dalam hasil karya tulis yang mereka hasilkan. Kegiatan ini memberikan dampak positif yang nyata berupa peningkatan minat dan kemampuan siswa dalam menulis, karya sastra khususnya. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekolah dalam menciptakan suasana akademis yang kondusif dan inovatif dalam mendukung literasi abad XXI.
