Pendampingan E-Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Pengerajin Kain Perca di Kabupaten Malang

Main Article Content

Abstract

Kabupaten Malang merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur yang terluas nomor 2 dan merupakan kabupaten dengan populasi terbesar di Jawa Timur (Wikipedia.com). Kabupaten Malang jua terkenal dengan pendidikan, wisata, maupun UMKM. Oleh sebab itu keberadaan UMKM semakin berkembang pesat, banyak sekali kegiatan UMKM salah satunya adalah pengerajin kain perca yang berada di desa Sananrejo kecamatan Turen Kabupaten Malang. Usaha yang dilaukan tersebut berpotensi untuk dilakukanna pengembangan dalam hal kualitas, kuantitas, pengemasan maupun pemasarannya. UMKM pengerajin kainperca ini masih banyakmenghadapi prmasalahan. Permasalahanutama yang dihadapi adalah tentang manajemennya salah satu yang paling endasar adalah dibidang mpemasaranya yang berorientasi pasar rendah serta tidak memadainya infrastruktur pemasaran. Dalam menghadapi persaingan perdagangan yang semakin luas penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya sain. Oleh karena itu peran pemerintah maupun kemitraan swasta diperlukan dalam hal memperlancar keberhasilan  pengerajin kain perca untuk memperluas akses pasar melalui fasiltas teknologi informasi berbasis internet, salah satunya adalah melaui sosial media. Dimana hampir seluruh masyarakat menggunakan sosial media. Tenologi ini dapat digunakan sebagai media komunikasi dan media pemasaran secara global.


 


Kata kunci: e-marketing, penjualan, pengerajin


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pendampingan E-Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Pengerajin Kain Perca di Kabupaten Malang. (2020). ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(01), 30-37. https://doi.org/10.37832/asawika.v5i01.49
Section
Articles

References

Alhempi R. R. dan Wismar, H., (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Pada Program Kemitraan Bina Lingkungan. STIE dan STIH Persada Bunda Pekanbaru. Media Riset Bisnis & Manajemen, Vol. 13, No. 1, April 2013. Hal. 20-38.

Ay Ling. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA Vol. 1, No. 1. Tahun 2013. Hal 1-7.

Djamaludin, Aviasti, Rukmana Asep Nana, Rukmana Otong. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. Jurnal Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Volume 4 Nomor 1. Januari 2016. ISSN 1693-699X (Print), ISSN 2502-065X (online). Hal 125-130.

Dwivedi, A. (2004). Metodelogi Pelatihan Partisipatif. Yogyakarta: Pustaka Yogya Mandiri.

Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah UKM). Jurnal Ekonomi. Volume 21, Nomor 4 Desember 2013. Hal 1-15.

Mujiyana, Sularto Lana, Mukhyi M. Abdul. (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan Di Internet Dan Pemasaran Melalui E-Mail Produk UMKM Di Wilayah Depok. J@TI Undip, Vol VII, No 3, September 2012.

Suherman, E. (2012). Kiat Sukses membangun SDM Indonesia. Bandung: Alfabeta