IBM YAYASAN KOSAYU: RANCANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Tarsisius Renald Suganda
Felik Sad Windu Wisnu Broto
Stefanus Yufra Menahen Taneo

Abstract

Yayasan Kolese Santo Yusup Malang memiliki 14 unit pendidikan mulai TK sampai dengan SMA. Sejarah
keberadaan Yayasan Kolese Santo Yusup tidak bisa lepas dari peran Pastor Joseph Wang, CDD yang mendapatkan
mandat dari Mgr. AEJ. Albert, O.Carm untuk mendirikan sekolah Katolik bagi warga Tionghoa di kota Malang pada
tanggal 16 Januari 1951. Pada awal-awal pendiriannya, semua sekolah Kolese Santo Yusup berada dalam naungan
Badan Hukum Misi Katolik Keuskupan Malang. Akan tetapi mulai tanggal 23 Maret 1976 semua sekolah Kolese
Santo Yusup diserahkan pengelolaannya kepada Konggregasi Murid-Murid Tuhan (CDD) di bawah Yayasan Kolose
Santo Yusup. Sesuai dengan visinya, Yayasan Kolose Santo Yusup ingin semua sekolah yang berada di bawah
naungan Yayasan Kolese Santo Yusup dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses
pendidikannya. Baik melalui sekolah maupun asrama. Untuk tujuan inilah Tim Litbang Yayasan bekerjasama dengan
Tim Abdimas Universitas Ma Chung. Selama 6 bulan Tim Abdimas Universitas Ma Chung berdiskusi dan berbagi
ide mengenai implementasi pendidikan karakter kepada Tim Litbang Yayasan. Hasil dari kerjasama ini adalah
penegasan nilai-nilai pendiri yayasan dan rencana untuk pembuatan Roadmap Pendidikan Karakter di Yayasan
Kolese Santo Yusup. Tim Abdimas Universitas Ma Chung membantu mempersiapkan draf Roadmap pendidikan
karakter sebagai rancangan implementasi pendidikan karakter di Kosayu.


Kolese Santo Yusup (Kosayu) Foundation of Malang has 14 units of education since kindergarten to senior high
school. The history of Yayasan Kolese Santo Yusup is really connected with Pastor Joseph Wang, CDD’s roles, who
has received a mandate from Mgr. AEJ. Albert, O. Carm to establish Catholic schools for Chinese citizens in Malang
on January 16, 1951. In the beginning, all schools of Kolese Santo Yusup were under managed by Badan Hukum Misi
Katolik Keuskupan Malang. However, starting from March 23, 1976, all schools were handed over to Kongregasi
Murid-Murid (CDD) managed by Yayasan Kolese Santo Yusup. In accordance with the vision, Yayasan Kolese Santo
Yusup is be able to implement the character building in its education process either through schools or dormitories.
It is for the purpose that The Research and Development Unit of Yayasan has cooperation with Community Service’s
Team of Universitas Ma Chung. During six months, the community service’s team of Universitas Ma Chung has been
discussing and sharing with The Research and Development’s Team about the idea to implement the character
building. The result of this cooperation is the affirmation of the values from the founders and the planning to arrange
Character Building’s Roadmap of Yayasan Kolese Santo Yusup. Community service’s team of Universitas Ma Chung
will assist to prepare the draft ot character building’s roadmap as a design of character building’s implementation
in Kosayu.

Article Details

How to Cite
Suganda, T. R., Wisnu Broto, F. S. W., & Taneo, S. Y. M. (2021). IBM YAYASAN KOSAYU: RANCANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(02), 26–30. https://doi.org/10.37832/asawika.v5i02.49
Section
Articles

References

B. Hurlock, Elizabeth. (1988). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Ernawulan, Syaodih & Mubiar, Agustin. (2012). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia

Dini, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Kesuma, Dharma, (2011), Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema, Doni, (2007), Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Secara Global, Jakarta: Grasindo.

Koesoema, Doni, (2012), Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sad Windu WB., Felik. (2020). Modul Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar, Yogyakarta: Deepublish

Widarmi D Wijana, dkk. (2013). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Winda, Gunardi, dkk. (2013). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka