s STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BAGI ANGGOTA KOPDIT KOSAYU MALANG
DOI:
https://doi.org/10.37832/asawika.v5i2.42Keywords:
Strategi pemasaran, daya saing UMKMAbstract
Kontribusi koperasi kredit bagi anggota tidak hanya dalam hal 
peminjaman modal usaha saja, melainkan juga dapat membantu memberikan 
tambahan pengetahuan bisnis dan pendampingan usaha kepada para anggota agar 
usaha yang dijalankan memiliki daya saing. Masalah yang terjadi minimnya 
pengetahuan manajemen koperasi terkait pengetahuan bisnis dan pendampingan 
usaha, sehingga kerjasama dengan akademisi (pengabdi) menjadi solusi yang tepat 
untuk menjawab permasalahan tersebut.
Sasaran dalam program pengabdian ini adalah anggota kopdit Kosayu 
Malang. Terdapat tiga kegiatan, antara lain (1) Penyuluhan/seminar dengan 
pembahasan mengenai value proposition dan marketing mix usaha; (2) Diskusi 
terkait masalah pemasaran produk dan pemberian solusi untuk meningkatkan 
penjualan produk; (3) Pendampingan usaha bagi anggota, terkait pemasaran produk 
baik pemasaran secara offline maupun secara online.
Melalui kegiatan seminar dengan judul “Marketing Strategy for UMKM”, 
para peserta mendapat tambahan wawasan terkait hal-hal apa saja yang wajib 
dilakukan oleh seorang pemasar serta upaya-upaya dalam meningkatkan penjualan 
di masa pandemi. Diskusi untuk menemukan solusi dari permasalahan pemasaran 
produk juga dilakukan di akhir kegiatan seminar. Selain mengadakan seminar dan 
diskusi, pendampingan terhadap usaha kecil milik anggota. Pendampingan 
bertujuan agar wawasan yang telah didapat anggota melalui seminar benar-benar 
diaplikasikan ke dalam usaha, sehingga usaha/bisnis yang dijalankan mengalami 
peningkatan berupa peningkatan penjualan maupun peningkatan kepuasan para 
pelanggannya. Hasil kegiatan pendampingan tersebut, anggota dapat memasarkan 
produk baik secara offline maupun secara online dengan cara/strategi yang tepat.
Keyword : Strategi pemasaran, daya saing UMKM
 
						 
							





