STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BAGI ANGGOTA KOPDIT KOSAYU MALANG

Penulis

  • Jovita Vicka Bayu Wardhani

Kata Kunci:

Strategi pemasaran, daya saing UMKM

Abstrak

Kontribusi koperasi kredit bagi anggota tidak hanya dalam hal
peminjaman modal usaha saja, melainkan juga dapat membantu memberikan
tambahan pengetahuan bisnis dan pendampingan usaha kepada para anggota agar
usaha yang dijalankan memiliki daya saing. Masalah yang terjadi minimnya
pengetahuan manajemen koperasi terkait pengetahuan bisnis dan pendampingan
usaha, sehingga kerjasama dengan akademisi (pengabdi) menjadi solusi yang tepat
untuk menjawab permasalahan tersebut.
Sasaran dalam program pengabdian ini adalah anggota kopdit Kosayu
Malang. Terdapat tiga kegiatan, antara lain (1) Penyuluhan/seminar dengan
pembahasan mengenai value proposition dan marketing mix usaha; (2) Diskusi
terkait masalah pemasaran produk dan pemberian solusi untuk meningkatkan
penjualan produk; (3) Pendampingan usaha bagi anggota, terkait pemasaran produk
baik pemasaran secara offline maupun secara online.
Melalui kegiatan seminar dengan judul “Marketing Strategy for UMKM”,
para peserta mendapat tambahan wawasan terkait hal-hal apa saja yang wajib
dilakukan oleh seorang pemasar serta upaya-upaya dalam meningkatkan penjualan
di masa pandemi. Diskusi untuk menemukan solusi dari permasalahan pemasaran
produk juga dilakukan di akhir kegiatan seminar. Selain mengadakan seminar dan
diskusi, pendampingan terhadap usaha kecil milik anggota. Pendampingan
bertujuan agar wawasan yang telah didapat anggota melalui seminar benar-benar
diaplikasikan ke dalam usaha, sehingga usaha/bisnis yang dijalankan mengalami
peningkatan berupa peningkatan penjualan maupun peningkatan kepuasan para
pelanggannya. Hasil kegiatan pendampingan tersebut, anggota dapat memasarkan
produk baik secara offline maupun secara online dengan cara/strategi yang tepat.


Keyword : Strategi pemasaran, daya saing UMKM

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-28