OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI PEMBUATAN MARKETING KIT DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI UMKM RW.10 TANJUNGREJO
DOI:
https://doi.org/10.37832/asawika.v10i02.338Abstract
Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan berbagai channel digital untuk mempromosikan produk atau layanan..Tujuannya adalah untuk membangun merek dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan alat pemasaran digital. Digital marketing memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau target pasar dan mempromosikan produk mereka. Penerapan digital marketing memerlukan marketing kit berupa kumpulan materi dan informasi yang dirancang untuk membantu pelaku usaha dalam mempromosikan produk, layanan, atau merek mereka. Marketing kit bertujuan untuk menyediakan alat yang dibutuhkan agar pemasaran dapat dilakukan dengan lebih efektif. Materi promosi ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan menciptakan kesan positif kepada target konsumennya Pengabdian masyarakat ini ditujukan bagi pelaku UMKM yang berlokasi di RW 10 Kelurahan Tanjungrejo. Pelaku UMKM di daerah tersebut mengalami tantangan di tengah ketatnya persaingan namun belum memahami pemanfaatan teknologi dalam pengembangan strategi pemasaran yang diperlukan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM dalam membuat marketing kit sebagai media promosi dalam digital marketing, khususnya dengan menggunakan aplikasi canva. Kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa peserta memberikan respon positif terhadap materi mengenai digital marketing dan penggunaan aplikasi canva dalam membuat marketing kit sebagai media promosi yang efektif. Peserta sudah dapat membuat desain marketing kit sederhana dengan menggunakan aplikasi canva.
Kata Kunci: digital marketing, marketing kit, canva
