Pelatihan Design Thinking pada Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya

Authors

  • Wendra Hartono

DOI:

https://doi.org/10.37832/asawika.v5i2.39

Keywords:

entrepreneurship, design thinking, siswa

Abstract

Pelatihan entrepreneurship perlu diajarkan sedini mungkin bagi murid-murid di sekolah. Di Pelatihan Pengabdian
Masyarakat ini, Universitas Ciputra Surabaya bekerja sama dengan SMAK Frateran Surabaya, mengajarkan karakter
entrepreneurship dengan program berjudul Social Science 4.0 secara berkesinambungan sejak SMA kelas X sampai
dengan kelas XII semester 1. Salah satu kegiatan Social Science 4.0 adalah pelatihan design thinking. Pelatihan design
thinking ini diajarkan kepada siswa-siswi SMA kelas X semester 2. Tujuan pelatihan ini adalah mengajarkan siswasiswi tentang proses design thinking yang meliputi emphathize, define, ideate, prototype, dan test, yang dihubungkan
dengan masalah yang terjadi di kantin sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan
dengan tahapan persiapan, koordinasi, pelatihan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini para
murid mampu menerapkan proses design thinking dengan baik dan menemukan solusi yang kreatif serta inovatif
bagi para penjual kantin di sekolah Frateran.


Kata kunci : entrepreneurship, design thinking, dan siswa.

Published

2021-06-28

How to Cite

Wendra Hartono. (2021). Pelatihan Design Thinking pada Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(2). https://doi.org/10.37832/asawika.v5i2.39

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.