PELATIHAN PENGOLAHAN KERUPUK KULIT PISANG DI DESA PAGELARAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Handini
Antonius Prisma Jalu Permana

Abstract

Kulit pisang merupakan limbah dari buah pisang yang melimpah dan masih jarang dimanfaatkan. Kulit pisang sementara ini hanya digunakan sebagai pakan ternak atau dibuang begitu saja yang dapat menimbulkan masalah lingkungan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat meningkatkan nilai guna dari limbah kulit pisang. Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku pada makanan, kulit pisang bisa juga memperbaiki kandungan gizi bila diolah menjadi makanan. Sasaran pengabdian ini bersama Kelompok Tani “Anggrek” Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Tujuan kegiatan ini adalah menjadikan limbah kulit pisang sebagai produk olahan menjadi kerupuk kulit pisang, sehingga menjadi produk pangan yang lebih awet, murah, mudah dikonsumsi, mempunyai nilai jual tinggi serta penyuluhan tentang pemasaran produk online.

Article Details

How to Cite
Handini, & Prisma Jalu Permana, A. (2021). PELATIHAN PENGOLAHAN KERUPUK KULIT PISANG DI DESA PAGELARAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN MALANG. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 4(02), 33–40. https://doi.org/10.37832/asawika.v4i02.37
Section
Articles

References

Damat. 2013. Efek dan Jenis Konsentrasi Plasticizer Terhadap Karakteristik Edible Film dari Pati-Garut Butirat. Agritek. 16, pp. 333-500.

Koswara, S. 2009. Pengolahan aneka kerupuk. Jakarta : Ebookpangan.com.

Naf’an. 2012. Proses Produksi Kerupuk Kulit Pisang. Laporan Tugas Akhir DIII Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Suprapti, M. L. 2005. Aneka Olahan Pisang. Kanisius. Yogyakarta.

Suprapti, L. 2005. Tepung Tapioka Pembuatan dan Pemanfaatannya. Kanisius. Yogyakarta.