Pembangunan Sarana Mandi Cuci Kakus Komunal Di Daerah Pasca Bencana, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Main Article Content

Y. A. Widriyakara S
Wilhelmina Putri. N
Angelina Novemita. S
Catherina Novita. A

Abstract

Secara geografis Indonesia terletak di batas lempeng tektonik Eurasia dan Indo Australia. Hal ini membuat Indonesia  rawan  mengalami  bencana  alam  terutama  gempa bumi.  Gempa bumi  yang  terjadi  karena  adanya tumbukan antar dua lempeng tektonik tersebut menyebabkan kerusakan yang tidak sedikit. Kerusakan akibat gempa bumi  berdampak  pada  aktivitas  manusia  yang  tinggal  di  daerah  yang  dilalui  oleh  gempa.  Pulau  Lombok merupakan salah satu pulau yang terkena serangkaian bencana gempa bumi di Indonesia. Pembangunan kembali bangunan dan fasilitas umum memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi kebutuhan manusia sehari-hari tidak dapat ditunda. Melalui metode pengamatan dapat terlihat bahwa kebutuhan manusia yang penting salah satunya adalah kesehatan.  Kesehatan  diperlukan  untuk keberlangsungan  hidup  mereka  pada  daerah  bencana.  Faktor penting untuk menunjang kesehatan para korban adalah dengan membangun sanitasi yang baik. Sarana sanitasi yang paling berpengaruh pada kesehatan adalah sarana mandi cuci kakus (MCK). Jika ditinjau dari jumlah pemakai yang membutuhkan, maka dapat disimpulkan masyarakat membutuhkan MCK komunal. MCK komunal merupakan fasilitas umum yang dipakai bersama untuk mandi, mencuci, dan buang air. MCK pada daerah pasca bencana harus dibangun sesuai dengan jumlah pemakai, lokasi, sistem penyediaan air bersih, dan sistem pembuangan air limbah. Kesimpulan yang dapat diambil adalah MCK komunal yang dibangun di Lombok sudah memenuhi standar yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
A. Widriyakara S, Y., Putri. N, W., Novemita. S, A., & Novita. A, C. (2019). Pembangunan Sarana Mandi Cuci Kakus Komunal Di Daerah Pasca Bencana, Lombok, Nusa Tenggara Barat. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 4(01), 33-39. https://doi.org/10.37832/asawika.v4i01.14
Section
Articles

References

Antara. 2018. Cerita Buruk Distribusi Bantuan Korban Gempa di https://www.mediaindonesia.com (di akses 25 Maret).
Badan Standarisasi Nasional. 2002. Tata Cara Perencanaan Bangunan MCK Umum. Jakarta: Standar Nasional Indonesia.
Demon Fajri. 2018. Penanganan Gempa Lombok Masih Mengandalkan Relawan di https://www. news.okezone.com (di akses 25 Maret).
Kantor Desa Dara Kunci. 2017. Profil Desa Dara Kunci di https://www.kantordesadarakunci.blogspot.com (di akses 28 Maret).
Tempo. 2018. Ini Data Lengkap Kerusakan Gempa Lombok Versi BNPB di https://www.bisnis.tempo.com (di akses 25 Maret).