Pelatihan Pembuatan Video Profile Desa Menggunakan Handphone bagi Generasi Muda di Desa Curah Cottok, Situbondo

Main Article Content

Rasional Sitepu
Peter Rathodirdjo Angka
Albert Gunadhi
Widya Andiardja
Lanny Agustine
Yuliati
Andrew Joewono
Diana Lestariningsih
Hartono Pranjoto

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada 2 (dua) kegiatan yaitu yang pertama, (1). Membentuk


kelompok multimedia desa dan membuat video profile desa, (2).memberikan motivasi dan pelatihan pada kelompok karang taruna untuk bisa mengolah informasi-informasi perkembangan desa untuk disebarluaskanpada masyarakat melalui sarana internet. Tim abdimas yang akan melaksanakan langsung ke Mitra di desa Curah Cottok ini terdiri dari para mahasiswaJurusan Teknik Elektro, mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur dan Dosen Teknik Elektro - Fakultas Teknik (FT) UKWMS. Abdimas ini merupakan salah satu realisasi dari bentuk kerjasama antara UKWMS dengan desa mitra sekaligus dapat meningkatkan internalisasi dan penerapan nilai PeKA untuk dosen dan mahasiswa.Metode abdimas yang dipergunakan diawali  dengan pelatihan  terlebih  dahulu, kemudian dilanjutkan langsung dengan praktek pembuatan video profil, dimulai dari pengambilan obyek video, editing (pengolahan), rendering (pengemasan video), dan sharing ke jaringan internet, berdasarkan kelompok karang taruna yang sudah dibentuk.Model pendampingan ini mengikuti pola pendampingan dan pengembangan yang telah dilakukan oleh tim abdimas Jurusan Teknik Elektro UKWMS dalam bidang pembuatan pompa air dengan panel tenaga surya – hybrid untuk menarik air dari kedalaman 40 m.Sesuai dengan uraian butir-7 pada halaman-iv bahwa Desa Curah Cottok mempunyai  program “Cottok Innovation  Park  (CIP)  atau  menjadi  tempat  inovasi  wisata”  yaitu mengembangkan wisata pendidikan, maka para generasi muda dilatih untuk dapat membuat dokumentasi kegiatan dalam bentuk video dan dapat disharingkan melalui jaringan internet, sehingga informasi-informasi pengembangan dan kegiatan-kegiatan desa, dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitepu, R., Rathodirdjo Angka, P., Gunadhi, A., Andiardja, W., Agustine, L., Yuliati, Joewono, A., Lestariningsih, D., & Pranjoto, H. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Profile Desa Menggunakan Handphone bagi Generasi Muda di Desa Curah Cottok, Situbondo. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 4(01), 14-20. https://doi.org/10.37832/asawika.v4i01.11
Section
Articles

References

https://www.republika.co.id/berita/nasi onal/daerah/18/01/06/p24n1k284-desa- situbondo-canangkan-cottok- innovation-park, diakses pada tanggal 14 Juni 2018.
https://curahcottok.wordpress.com/loka si/, diakses pada tanggal 10 Juni 2018.