PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI SDK FRATERAN 1 KEDIRI

Main Article Content

Benedictus Sonny Yoedono
Danang Murdiyanto

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap proses pembelajaran khususnya pendidikan
dasar. Berbagai masalah yang dihadapi tidak hanya dari sisi siswa dan orang tua, namun dari sisi guru.
Diperlukan keterampilan guru di dalam melaksanakan pembelajaran daring agar tujuan pembelajaran dapat
tersampaiakan dengan baik kepada siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDK
Frateran 1 Kediri untuk memberikan pelatihan kepada guru tentang pemanfaatan teknologi di dalam
pembelajaran daring. Dari hasil pelatihan terdapat peningkatan tingkat pemahaman guru di dalam
pembelajaran daring.


The Covid-19 pandemic has a major impact on the learning process, especially on basic education. Various
problems faced not only from the students’ and parents’ side, but also from the teacher's side. Teacher skills
are needed in implementing online learning so that learning objectives can be conveyed properly to students.
This community service activity was carried out at SDK Frateran 1 Kediri to provide training to the teachers
on the use of technology in online learning. The results of the training is an improvement in the level of
teacher understanding in online learning.

Article Details

How to Cite
Yoedono, B. S., & Murdiyanto, D. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI SDK FRATERAN 1 KEDIRI. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(02), 11–14. https://doi.org/10.37832/asawika.v5i02.46
Section
Articles

References

Aritonang, C. N. (2020). KENDALA

PEMBELAJARAN DARING GURU

SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN

BANJARNEGARA. Elementary School 7,

(1), 1–9.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19

terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF :

JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran

Daring dan Luring Dengan Metode

Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru

Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara

Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A.

(2020). Analisis Proses pembelajaran

Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi

COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S.

M. (2016). Google classroom as a tool for

active learning. AIP Conference

Proceedings.

https://doi.org/10.1063/1.4960909

Website Yayasan Mardi Wiyata. (n.d.). Retrieved

January 14, 2021, from

http://www.mardiwiyatapusat.id/pages/unit

_kerja_detail/?id=14

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016).

Pembelajaran Blended Learning melalui

Google Classroom di Sekolah Dasar.

Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS

& HDPGSDI Wilayah Timur.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh

Pembelajaran Daring terhadap Minat

Belajar Siswa pada Masa COVID 19.

Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.