PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA MELALUI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEAM BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.37832/asawika.v10i02.293Keywords:
aplikasi Canva, pelatihan, media pembelajaran, STEAM, teknologiAbstract
Perkembangan teknologi menuntut guru sekolah dasar untuk dapat menguasai penggunaan aplikasi yang mendukungnya dalam pembelajaran. Aplikasi Canva dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan adalah masih terdapat guru yang belum menguasai aplikasi Canva dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar Negeri 92 Singkawang Utara, Provinsi Kalimantan Barat melalui pembuatan media pembelajaran IPA berbasis STEAM. Metode yang digunakan berupa presentasi, diskusi, demonstrasi, dan praktik penggunaan aplikasi Canva dengan pendampingan. Presentasi berupa penyampaian materi tentang manfaat penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran IPA yang dikaitkan dengan STEAM bagi guru sekolah dasar. Diskusi berupa tanya jawab. Demonstrasi dengan video tutorial, dan penjelasan langsung. Praktik dilakukan guru secara berkelompok didampingi instruktur. Guru diberikan tantangan menghasilkan media pembelajaran IPA yang dikaitkan dengan STEAM berbantuan aplikasi Canva. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa masih terdapat guru yang baru mengenal aplikasi Canva, guru yang baru memahami penggunaan aplikasi Canva, dan guru memiliki kreativitas yang sangat baik. Urutan indikator kinerja pelatihan ini sesuai hasil pengamatan dari persentase besar ke kecil, yaitu gagasan, partisipan, kedisiplinan, dan kerja sama. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi peserta pelatihan. Diharapkan dapat diterapkan bagi guru di seluruh sekolah dasar Kota Singkawang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembuatan media pembelajaran yang inovatif melalui penggunaan aplikasi Canva.
