ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p> <ol> <li class="show">Copyright on any article is retained by the author(s).</li> <li class="show">The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li> <li class="show">The article and any associated published material is distributed under the&nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a></li> </ol> ella@widyakarya.ac.id (Diah Imaningrum Susanti) bambang@widyakarya.ac.id (P. Bambang Prayitno R. M., S.E.) Sat, 13 Jun 2020 01:45:38 +0000 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PKM Pendidikan Entrepreneurship Bagi Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Munggugianti https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/62 <p>PKM pendidikan <em>entrepreneurship</em> diberikan kepada pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Munggugianti, Kacamatan Benjeng Kabupaten Gersik. Tujuan kegiatan PKM memberikan pengetahun berbasis <em>entrepreneurship</em> untuk mengembangkan unit bisnis di Desa Munggugianti. Pelaksanaan kegiatan di Desa Munggugianti selama 12 bulan. Model pendidikan <em>entrepreneurship</em> dikelompokkan dalam empat tahapan pembelajaran diantaranya: 1) Penggalian potensi <em>entrepreneurship </em>dari masing-masing pengelola BUMDes<em>, </em>2) Transfer <em>knowledge </em>(konsep <em>entrepreneurship), </em>3) <em>Project based learning </em>(Menyusun unit bisnis baru), 4) Mentoring dan evaluasi bisnis. Hasil kegiatan PKM berupa <em>master plan</em> wisata terpadu Desa Munggugianti yang selanjutkan akan dikembangkaan menjadi unit bisnis baru pada BUMDes Munggugianti.</p> Sri Nathasya Copyright (c) https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/62 d DESAIN FASILITAS RUANG SERBA GUNA WISATA KULINER DELES SURABAYA https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/61 <p>Menu aneka makanan yang murah meriah serta enak adalah daya tarik utama sebuah tempat kuliner, khususnya tempat wisata kuliner di kota Surabaya. Tempat dan letak yang strategis suatu wisata kuliner akan menjadi nilai tambah ekonomis tersendiri bagi wisata kuliner. Kelengkapan fasilitas pendukung pada sebuah wisata kuliner juga menentukan frekuensi minat pengunjung untuk datang terus menerus berkunjung kembali tempat tersebut. Di lain sisi, keterbatasan tempat, luas ruang, dan dana mengakibatkan sebuah wisata kuliner tidak dapat berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas dan inovasi agar sebuah wisata kuliner dapat terus berkembang, tidak terkecuali Wisata Kuliner Deles di Surabaya.</p> <p>Adapun, tujuan dari pengabdian masyarakat di Wisata Kuliner Deles ini adalah memberikan solusi desain bagaimana menambah kebutuhan ruang dan meningkatkan performa Wisata Kuliner Deles. Dengan adanya penambahan fasilitas Ruang Serba Guna dan wisata <em>instagramable</em> di Wisata Kuliner Deles akan menambah daya tarik wisata kuliner, meningkatkan nilai ekonomis serta membuat frekuensi pengunjung untuk terus kembali ke Wisata Kuliner Deles.</p> <p>Metode yang digunakan oleh tim pengabdian masyarakat ini adalah observasi lapangan, sedangkan pengumpulan data dengan metoda wawancara, dokumentasi foto, dan studi literatur. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari data yang diperoleh menunjukan bahwa faktor ketersediaan fasilitas ruang sangatlah penting.</p> <p>Hasil simpulan dalam penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan desain Ruang Serba Guna yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan, baik bagi pengurus, pedagang, maupun pengunjung. Harapanya fasilitas Ruang Serba Guna ini akan meningkatkan penghasilan pedagang yang pada akhirnya menaikkan taraf kehidupan pedagang di Wisata Kuliner Deles.</p> Widriyakara Setiadi Copyright (c) https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/61 Pelatihan Design Thinking pada Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya. https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/59 <p><em>Training of Entrepreneurship needed to be taught early as possible to students in school. In this social responsibility training, Universitas Ciputra Surabaya collaborate together with SMAK Frateran Surabaya, teaches the character of entrepreneurship with the programmed name is Social Science 4.0 comprehensively since SMA with grade X to XII first semester. One of the Social Science 4.0 activity taught is design thinking. This design thinking training was taught to the students who are in grade X second semester. The aim for this training is to teach students about design thinking process which consist of empathize, define, ideate, prototype, and test which have been related to real case problem in their canteen school. The Method of implementation for this social responsibility consists of planning, coorditation, training and evaluation activity. Conclusion from this social responsibility activity is students are able to implement the design thinking process well and they can find creative and innovative solution to the shopkeeper in Frateran Canteen School.</em></p> <p>&nbsp;</p> Wendra Hartono Copyright (c) https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/59