PENINGKATAN UPAYA PATIENT-CENTERED CARE (PCC) OLEH PERAWAT MELALUI OPTIMALISASI PERAN PERAWAT PENANGGUNG JAWAB ASUHAN (PPJA)

Authors

  • Cicilia Ika Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.37832/asawika.v6i2.65

Abstract

Pelayanan yang berpusat kepada pasien merupakan inti dari mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Perawat memiliki peran penting dalam menjaga mutu kualitas asuhan pelayanan bagi pasien. Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA) harus memiliki kompetensi yang unggul agar dapat memberikan asuhan terbaik selama 24 jam bagi pasien. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan perawat tentang konsep PCC dan peran PPJA. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat antara lain metode ceramah, tanya jawab dan pemodelan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui Zoom Cloud
Meeting serta melibatkan 227 perawat dari beberapa rumah sakit. Melalui kegiatan abdimas ini diharapkan perawat PPJA mampu menerapkan asuhan keperawatan yang berpusat kepada pasien sehingga mutu layanan keperawatan semakin meningkat.
Kata kunci: Mutu Keperawatan; Patient Centered Care; Perawat Penanggung Jawab Asuhan


Abstract
Patient-Centered Care (PCC) is the core of the quality of health services in hospital. Nurses
have an important role in maintaining the quality of service care for patients. Primary Nurse
of care must have superior competence in order to provide the best 24 hour care for patients.
This community service aims to increase nurse’s knowledge about the PCC concept and the
role of Nurse in Charge. The methods used in community service include lecture, question and
answer and modelling methods. This community service though Zoom Cloud Meetings and
involved 277 nurses from several hospital in Indonesia. Through this community service
activity, it is hoped that nurses will be able to implement the PCC to the patient so that the
quality of nursing service will increase.
Keyword: Nursing Quality; Patient-Centered Care, Primary Nurse

Published

2021-12-10

How to Cite

Wulandari, C. I. (2021). PENINGKATAN UPAYA PATIENT-CENTERED CARE (PCC) OLEH PERAWAT MELALUI OPTIMALISASI PERAN PERAWAT PENANGGUNG JAWAB ASUHAN (PPJA). ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 6(2). https://doi.org/10.37832/asawika.v6i2.65