Pengembangan Bakat Minat dan Pendidikan Karakter di UPTD “Kampung Anak Negeri” Surabaya

Main Article Content

Josephine Roosandriantini
Selvia Devy Tiorma

Abstract

Sumber  Daya  Alam  yang  melimpah  ruah  tidak  dapat  menentukan  keberhasilan  suatu  bangsa  dalam mencapai tujuan nasional, tetapi Sumber Daya Manusia yang dapat menentukan keberhasilannya. Dalam perkembangan jaman di era globalisasi ini, bangsa Indonesia sangat memerlukan pengembangan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, diperlukan pendidikan karakter manusia sejak dini agar dapat menghasilkan SDM yang bermutu untuk mendukung terlaksananya program pembangunan dengan baik. Bangsa Indonesia ini sering mengalami kriminalitas, ketidakadilan, korupsi, kekerasan pada anak yang secara  tidak  langsung  menunjukkan  bahwa  bangsa  kita  mengalami  krisis  karakteristik  pada  bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat kita ini diadakan di Kampung Anak Negeri (Kanri) Surabaya sebab perlu untuk melakukan pelatihan dan pengembangan karakter, bakat minat generasi muda sejak dini. Metode penelitian yang kami lakukan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara di Kanri, sehingga tim pengabdian masyarakat dapat mengetahui program yang diterapkan kepada anak-anak di Kanri ini. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dapat bertujuan untuk mengenmbangkan potensi, bakat, minat, kepribadian, kerjasama dan kemandirian peserta didik secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Roosandriantini, J., & Devy Tiorma, S. D. T. (2020). Pengembangan Bakat Minat dan Pendidikan Karakter di UPTD “Kampung Anak Negeri” Surabaya. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(01), 1-5. https://doi.org/10.37832/asawika.v5i01.57
Section
Articles

References

Agustiani, hendriati. (2009). Pemahaman Psikologi Anak. Bandung. PT. Refka Aditama.

Calhoun, f & Acoccela, joan ross. (1990). Psikologi tentang Penyesuaian Hubungan Kemanusiaan, Semarang. IKIP Semarang Press.

Centi, J Paul. (1993). Kesehatan mental. Jakarta. CV. Haji Masagung.

Bendi., J. K. R. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SD Xaverius 2 Palembang. Jurnal Abdimas Musi Charitas. 3 (1). 1-8.