STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BAGI ANGGOTA KOPDIT KOSAYU MALANG

Main Article Content

Jovita Vicka Bayu Wardhani

Abstract

Kontribusi koperasi kredit bagi anggota tidak hanya dalam hal peminjaman modal usaha saja, melainkan juga dapat membantu memberikan tambahan pengetahuan bisnis dan pendampingan usaha kepada para anggota agar usaha yang dijalankan memiliki daya saing. Masalah yang terjadi minimnya pengetahuan manajemen koperasi terkait pengetahuan bisnis dan pendampingan usaha, sehingga kerjasama dengan akademisi (pengabdi) menjadi solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut. Sasaran dalam program pengabdian ini adalah anggota kopdit Kosayu Malang. Terdapat tiga kegiatan, antara lain (1) Penyuluhan/seminar dengan pembahasan mengenai value proposition dan marketing mix usaha; (2) Diskusi terkait masalah pemasaran produk dan pemberian solusi untuk meningkatkan penjualan produk; (3) Pendampingan usaha bagi anggota, terkait pemasaran produk baik pemasaran secara offline maupun secara online. Melalui kegiatan seminar dengan judul “Marketing Strategy for UMKM”, para peserta mendapat tambahan wawasan terkait hal-hal apa saja yang wajib dilakukan oleh seorang pemasar serta upaya-upaya dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi. Diskusi untuk menemukan solusi dari permasalahan pemasaran produk juga dilakukan di akhir kegiatan seminar. Selain mengadakan seminar dan diskusi, pendampingan terhadap usaha kecil milik anggota. Pendampingan bertujuan agar wawasan yang telah didapat anggota melalui seminar benar-benar diaplikasikan ke dalam usaha, sehingga usaha/bisnis yang dijalankan mengalami peningkatan berupa peningkatan penjualan maupun peningkatan kepuasan para pelanggannya. Hasil kegiatan pendampingan tersebut, anggota dapat memasarkan produk baik secara offline maupun secara online dengan cara/strategi yang tepat.


The contribution of credit union to its members is not only in terms of borrowing business
capital, but also of providing additional business knowledge and business assistance to the
members so that the business being run has a competitive edge. The problem that occurs is the lack
of knowledge of cooperative management related to business knowledge and business assistance,
so that collaboration with academics (service providers) is the right solution to cope these problems.
The targets in this service community are members of Kopdit Kosayu Malang. There are
three activities held, among others (1) Counseling/seminars with discussions on the value
proposition and business marketing mix; (2) Discussions related to product marketing problems and
providing solutions to increase product sales; (3) Business assistance for members, related to
product marketing both offline and online.
Through a seminar entitled "Marketing Strategy for MSMEs", the participants received
additional insight regarding what a marketer must do as well as efforts to increase sales during a
pandemic. Discussions to find solutions to product marketing problems were also held at the end of
the seminar. Apart from holding seminars and discussions, mentoring for small businesses owned
by members is conducted. This assistance aims to ensure that the insights that the members have
obtained through the seminars are actually applied to the business, so that the business being run
has increased (both in terms of sales and in customer satisfaction). From these mentoring activities,
members are able to market their products both offline and online in the right way/strategy.

Article Details

How to Cite
Wardhani, J. V. B. (2021). STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BAGI ANGGOTA KOPDIT KOSAYU MALANG. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(02), 37–43. Retrieved from https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/51
Section
Articles

References

Kotler, Philip. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Osterwalder, A dan Pigneur, Yves. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Ropke, Jochen. 2012. Ekonomi Koperasi: Teori dan Manajemen, edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Andi.

Widiyanti. 2010. Dinamika Koperasi.Jakarta: Rineka Cipta.